UGJ Study Banding ke Tracer Study STIKes Kuningan.

Bagikan

[stikku.ac.id] – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon melakukan kegiatan study banding ke Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan, khususnya dalam pengelolaan tracer study yang sudah berjalan 3 tahun terakhir di STIKes Kuningan, Rabu (19/06/2019).

Kedatangan mereka disambut hangat oleh civitas akademika STIKes Kuningan dan diterima langsung oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik STIKes Kuningan, Cecep Heriyana, S.KM,. M.PH, Wakil Ketua II Bidang Keuangan Suwaebit, SE dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Heri Hermansyah, S.Kep., Ners., MKM. Dalam sambutannya, Cecep Heriyana menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan study banding tentang pengelolaan tracer study yang dilakukan UGJ ke STIKes Kuningan.

“Menurut pandangan kami, pusat pengembangan karir memegang peranan penting dalam kemajuan sebuah kampus. Secara kelembagaan kami mendukung pusat karir dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada para lulusan untuk terus berkarya dan menjaga hubungan baik dengan para lulusan,” terangnya

Sementara itu, Sangaji, S.Pd Kabag Alumni dan Pusat Karir Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menyampaikan bahwa pihaknya ingin belajar tentang pengelolaan tracer study ke STIKes Kuningan yang sudah berjalan dengan baik selama ini.

“Kedatangan kami kesini, ingin belajar dan sharing tentang praktik baik dalam pengelolaan tracer study di STIKes Kuningan. Sebelumnya kami juga sudah melakukan study banding ke UNIKU namun ada yang ingin kami ketahui lebih banyak terkait dana bantuan hibah pusat pengembangan karir yang pernah diterima STIKes Kuningan pada tahun 2017 dan dana bantuan untuk pusat karir lanjutan pada tahun 2018, 2019.”

Kepala Pusat Karir STIKes Kuningan, Ronny Suhada F, S.Kep, Ns, M.Kep dalam acara sharing session pengelolaan tracer study memaparkan tentang laporan kinerja dan target pusat karir STIKes Kuningan, dalam capaiannya 3 tahun terakhir.

“Alhamdulillah, selama kurun waktu 3 tahun berjalan kegiatan tracer study STIKes Kuningan sudah banyak hal yang dilakukan terutama dalam pengelolaan tracer study dalam studi pelacakan alumni usai lulus dari kampus STIKes Kuningan dan kegiatan pelatihan (soft skill) bagi para mahasiswa tingkat akhir agar siap memasuki dunia kerja.” ucapnya

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab, pusat karir Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menanyakan perihal sistem administrasi para lulusan dan pengelolan website yang dilakukan oleh STIKes Kuningan dalam mendata dan memfasilitasi lulusan agar terakomodir dalam mencari peluang kerja. Ade Nurzaman, S.Pd selaku koordinator tracer study STIKes Kuningan mengatakan bahwa pihaknya rutin dalam melakukan pendataan dan laporan online tracer study ke http://pkts.belmawa.ristekdikti.go.id/ agar terdokumentasi dengan baik setiap rekam jejak karir para lulusan dari STIKes Kuningan, hal ini tentu sangat membantu dalam meningkatkan mutu dan kualitas para lulusan STIKes Kuningan agar dapat diterima di dunia kerja.

Tinggalkan Balasan