[ppk.stikku.ac.id] – Pusat pengembangan karir STIKes Kuningan mengadakan kembali kegiatan seminar online persiapan memasuki dunia kerja bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni STIKes Kuningan yang pada tahun ini mengambil tema “Peluang dan Tantangan bagi Tenaga Kesehatan di Era Digital Enterpreneur”, Senin (10/08).
Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp MH membuka secara langsung acara seminar online dan berpesan kepada para mahasiswa tingkat akhir agar mengikuti acaranya dengan baik sehingga bisa menambah wawasan dan pengalaman jika nanti sudah lulus dan mencari lapangan pekerjaan.
Kegiatan seminar berlangsung dari pukul 09.00-12.00 wib dan di isi oleh 3 orang narasumber yang kompeten dibidangnya yakni Sintiani Sara Nurmesta, S.Kep., Ners (Kepala Bidang Keperawatan RSU KMC Kuningan), Aan Mardiana, S.Kep (Ketua Ikatan Alumni STIKes Kuningan) dan Sopyan Komarudin, S.Kep (President Director YUUKI Training Center Indonesia).
Narasumber pertama , Sintiani Sara Nurmesta, S.Kep., Ners yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Keperawatan RSU KMC Kuningan memaparkan tentang strategi bekerja di bidang kesehatan khususnya di rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, ia menambahkan bahwa untuk bekerja di rumah sakit khususnya menjadi perawat diprioritaskan bagi lulusan yang telah mengikuti Uji Kompetensi Nasional sehingga mahasiswa dituntut untuk mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi) sebagai perawat professional.
Sedangkan narasumber kedua yakni seorang Pengusaha Muda, Aan Mardiana, S.Kep memaparkan materi tentang bagaimana peluang dan tantangannya dalam berkarir di dunia enterpreneur kesehatan. Dengan kerja kerasnya Aan berhasil mendirikan CV Tri Abadi Mandiri yang bergerak di bidang penyediaan alat-alat kesehatan. Ia juga menjelaskan pentingnya membangun silaturahmi antar alumni STIKes Kuningan dan jejaring (networking) untuk memudahkan kita membangun usaha baik dibidang kesehatan maupun bidang lainnya.
Sementara itu pemateri terakhir, Sopyan Komarudin, S.Kep memberikan penjelasan tentang bagaimana kita sebagai calon tenaga kesehatan mempersiapkan diri agar bisa bekerja sebagai tenaga kesehatan ke Luar Negeri khususnya ke negeri Sakura, Jepang. Saat ini beliau telah berhasil mengirimkan sejumlah Perawat dan alumni dari STIKes Kuningan baik dari kampus 1 dan kampus 2 untuk diberangkatkan dan bekerja di Jepang. Sopyan, mengingatkan agar para Mahasiswa benar-benar belajar dengan baik selama dikampus sehingga kemampuan dan kompetensinya bisa bermanfaat kelak saat bekerja di luar negeri dan tak lupa ia menjelaskan profil dari LPK Yuuki Training Center Indonesia yang berada di Cilimus Kab.Kuningan kepada para peserta seminar.
Ditempat terpisah, Kepala Pusat Pengembangan Karir STIKes Kuningan, Ns., Ronny Suhada Firmansyah., M.Kep berharap kepada para mahasiswa dan alumni agar dapat memanfaatkan informasi yang ada di Pusat Pengembangan Karir STIKes Kuningan, https://ppk.stikku.ac.id jika ingin mengetahui lowongan pekerjaan dan berharap seminar online ini dapat memberi nilai positif untuk masa depannya.
“Semoga dengan adanya acara ini menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk alumni dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.” pungkasnya