(ppk.stikku.ac.id) – Pusat Pengembangan Karir STIKes Kuningan mengikuti kegiatan bimbingan teknis tracer study dan peningkatan pusat karir perguruan tinggi, yang bertempat di Hotel Patra Cirebon & Convention pada hari Rabu-Kamis (18-19/11).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya memfasilitasi dan mutu perguruan tinggi, melalui sebaran alumni perguruan tinggi dan lulusannya, maka dalam mencapai indikator kinerja dan meningkatkan klasterisasi perguruan tinggi yaitu presentase lulusan perguruan tinggi yang langsung bekerja, tracer study dan layanan pusat karir sangat diperlukan guna memetakan lulusanya dan memberikan gambaran kinerja suatu perguruan tinggi.

Kepala Pusat Karir STIKes Kuningan, Ns. Ronny Suhada, S.Kep.,M.Kep yang mengikuti acara tersebut beserta Ade Nurzaman, S.Pd.I menjelaskan kepada humas bahwa acara Bimbingan Teknis Tracer Study dan Pusat Karir Perguruan Tinggi ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan Pusat Karir dan Tracer Study di STIKKU untuk mengevaluasi lulusan di Dunia Kerja. Diharapkan Unit Pusat Karir dan Tracer Study di STIKKU kedepan’nya bisa lebih efektif dan efisien lagi dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan alumni. Seperti yang tertulis dalam peraturan Ristekdikti bahwa keberhasilan lulusan di dunia kerja menjadi salah satu kreteria penilaian Akreditasi perguruan tinggi. Ini bukti bahwa alumni menjadi komponen penting yang harus diperhatikan oleh seluruh perguruan tinggi, karena kemajuan kampus/almamater dapat dilihat dari alumninya.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Dr. Uman Suherman
AS,M.Pd., menurut Kepala LLDIKTI IV Jabar Banten menyampaikan dalam pidatonya bahwa program kerja di pusat karir bukan hanya sekdar mengadakan bursa kerja akan tetapi bisa melakukan inovasi dalam rangka memfasilitasi para lulusan agar dapat terserap di dunia kerja.

“Fungsi Pusat Karir bukan cuma mengadakan pameran bursa kerja atau menshare lowongan kerja, tapi adalah memamerkan kompetensi yang dipunyai lulusan dari perguruan tinggi anda kepada perusahaan atau industri yang ada di Dunia Kerja supaya tertarik untuk merekrutnya.” ungkapnya